27 Maret 2013

PERENCANAAN PROSES PEMBELAJARAN


Perencanaan proses pembelajaran meliputi dua hal yaitu Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dimana didalamnya termuat identitas mata pelajaran, Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD), indicator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, alokasi waktu, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian hasil belajar, sember belajar, dll.

1.    Silabus
Silabus sebagai acuan pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran memuat identitas mata pelajaran atau tema pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, materi ajar, kegiatan pembelajaran, indikator pencapain kompetensi, penilaian alokasi waktu dan sumber belajar.

Silabus dikembangkan oleh satuan pendidikan berdasarkan Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL), sera penyusunan Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP). Dalam pelaksanaannya, pengembangan silabus dapat dilakukan oleh para guru secara mandiri atau kelompok dalam sebuah sekolah/madrasah atau beberapa sekolah, kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) atau Pusat Kegiatan Guru (PKG) dan Dinas Pendidikan.

2.    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Rencana pelaksanaan pembelajaran dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar siswa dalam upaya mencapai kompetensi dasar.

Kompenen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
a.    Identitas Mata Pelajaran
Identitas mata pelajaran, meliputi satuan pendidikan, kelas, semester, program/program keahlian, mata pelajaran atau tema pelajaran, serta jumlah pertemuan.

b.    Standar Kompetensi
Standar kompetensi merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta  yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap kelas dan/atau semester pada suatu mata pelajaran.

c.    Kompetensi dasar
Kompetensi dasar adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran.

d.    Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator kompetensi dasar adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran.

e.    Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.

f.     Materi Ajar
Materi ajar memuat fakta, konsep, prinsip dan prosedur yang relevan dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi.

g.    Alokasi waktu
Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian kompetensi dasar dan beban belajar.

h.    Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran digunakan oleh guru untuk mewujudkan proses belajar mengajar mencapai kompetensi dasar atau seperangkat indikator yang telah ditentukan sebelumnya.

i.      Kegiatan pembelajaran
1.      Pendahuluan
Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam proses pembelajaran yang ditunjukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan para peserta didik untuk selalu berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.
2.      Inti
Kegiatan ini merupakan proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar. Kegiatan ini dibuat senyaman mungkin sehingga pembelajaran menjadi interaktif, inspiratif, menyenangkan kreatif, dll.
3.      Penutup
Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik serta tindak lanjut.

j.      Penilaian Hasil Belajar
Prosedur dan instrument penelitian proses dan hasil belajar disesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu pada standar penilaian

k.    Sumber Belajar
Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, materia ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi

 Sumber : Model-model Pembelajaran, mengembangkan profesionalisme guru edisi kedua, karangan Dr. Rusman, M.Pd

0 komentar:

Poskan Komentar